Definisi Resiko Manajemen Proyek serta Profesi dibidang IT

Definisi Resiko Manajemen Proyek

     Jika penerapan TI tidak sesuai dengan arah bisnis perusahaan, maka hal inilah yang akan menimbulkan resiko. Resiko yang timbul akibat penerapan TI yang salah menyebabkan proses bisnis yang tidak optimal, kerugian financial, dll. Oleh karena itu diperlukan suatu pengukuran terhadap resiko penerapan TI bagi perusahaan. Penerapan ini berguna untuk mengetahui profil resiko IT, analisa terhadap resiko, kemudian melakukan respon terhadap resiko tersebut sehingga tidak terjadi dampak - dampak yang ditimbulkan oleh resiko tersebut.
      DefinisiIT Risk Management (Manajemen Resiko Teknologi Informasi) adalah suatu proses identifikasi kerentanan dan ancaman terhadap sumber daya informasi yang digunakan oleh sebuah organisasi dan dilakukan oleh manajer IT untuk mencapai tujuan bisnis,mengurangi resiko, dan menyeimbangkan pengeluaran dalam mencapai keuntungan dan melindungi IT.

Ada dua hal didalam definisi ini yang mungkin membutuhkan penjelasan:
1.      Proses manajemen resiko yang merupakan proses berulang yang berlangsung. Ini adalah proses yang yang harus diulang tanpa batas, disebabkan lingkungan bisnis yang fleksibel atau terus berubah yang menyebabkan munculnya ancaman baru. 
2.       Pilihan penanggulangan (kontrol)yang digunakan untuk mengelola resiko harus menjaga keseimbangan antara produktivitas, biaya, efektivitas penanggulangan, dan nilai aset informasi yang harus dilindungi.
Profesi Dibidang IT (Information Technology)
o   System analyst: orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
o   Programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
o   Web designer: orang yang melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
o   Web programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitumembuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
o   Technical engineer (atau teknisi):  orang yang berkecimpung dalam bidang teknik baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.Networking engineer: orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

       Untuk mencapai tujuan bisnis, seringkali perusahaan – perusahaan menggunakan teknologi informasi sebagai basis dalam menciptakan layanan yang berkualitas ataupun dalam optimalisasi proses bisnisnya. Namun, penerapan teknologi informasi memerlukan perencanaan yang strategis agar penerapannya dapat selaras dengan tujuan bisnisnya.

Profesi yang sesuai dengan skill saya adalah : web designer , karena saya suka design dan pekerjaan dibidang ini men-desain sebuah web agar membuat orang lain tertarik dengan web yang akan di buka. 

Komentar

Postingan Populer