Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi

Mengapa harus memakai Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi ?

PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, dengan menunjukkan sikap tertetntu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara tersebut adalah komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Komunikasi dengan menggunakan bahasa tertentu juga merupakan bentuk identitas diri. Bahasa merupakan alat komunikasi yang berpotensi untuk menjadikan sarana untuk mencapai suatu hal yang diinginkan dari seorang bahkan lebih , baik secara lisan maupun dengan tulisan. Dengan berbahasa yang baik dan benar dengan orang lain dapat mengetahui secara langsung sifat dan perilaku diri kita. Melalui bahasa, kita dapat menunjukkan sudut pandang kita , pemahaman kita atas suatu hal, asal usul bangsa dan negara kita , pendidikan kita, bahkan sifat kita. Bahasa juga sebagai cerminan diri kita , dengan berbahasa yang baik dan benar orang lain dapat mengetahui secara langsung sifat dan perilaku diri kita. Agar komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik kita harus menguasai bahasa tersebut. Dengan komunikasi kita juga dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan kepada orang lain. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita
Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi kita sudah memiliki tujuan tertentu. Kita ingin dipahami oleh orang lain. Kita ingin menyampaikan gagasan daan pemikiran yang dapat diterima oleh orang lain. Kita ingin membuat orang lain yakin terhadap pandangan kita.
Bahasa Indonesia juga merupakan pemersatu bangsa namun juga sebagai identitas bangsa itu sendiri. Selain dalam komunikasi secara lisan bahasa Indonesia juga penting dalam hal penulisan. Bahasa Indonesia penting dalm hal penulisan karena merupakan salah satu bentuk komunikasi tidak langsung. Dengan tulisan juga kita dapat membuat peranan penting bahasa Indonesia dalam menciptakan hal-hal yang bersifat lisan di dalam tulisan seperti ekspresi wajah, intonasi, dan nada bicara. Dengan berbahasa Indonesia yang baik dan sesuai keinginan yang ingin disampaikan oleh pembaca dapat membuat komunikasi yang baik agar emosi yang dituangkan dalam tulisan dapat tersampaikan dengan baik.

Pengertian komunikasi menurut para ahli :
·        Rogers & O. Lawrence Kincaid
“Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti”.
·        Theodore M. Newcomb
Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima.
·        Murphy & Mendelson
Menurutnya Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.
·        Gerald R. Miller
Menurutnya Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama adalah bahwa komunikasi adalah penyampaian pesan atau maksud oleh sesorang kepada orang lain. Ketertarikan dan keterkaitan bahasa dengan manusia membuat bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegiatan manusia dan lingkungan sekitar.
Untuk itu berbahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang utama selain dengan mengembangkan bahasa tersebut kita juga dapat melestarikan bahasa tersebut. sehingga penting adanya untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa wajib bangsa Indonesia itu sendiri.



Sumber       :







Komentar

Postingan Populer